Tautan-tautan Akses

Empat Negara Arab Beri Qatar Perpanjangan Batas Waktu 48 Jam


Orang-orang meneriakkan slogan sambil mengenggam bendera Turki dan Qatar selama unjuk rasa untuk mendukung Qatar di Istanbul tengah, Turki, 7 Juni 2017 (foto: REUTERS/Murad Sezer)

Arab Saudi dan sekutu-sekutunya hari Senin mengatakan akan memperpanjang batas waktu 48 jam bagi Qatar untuk memenuhi tuntutan mereka.

Dalam perselisihan diplomatik berkepanjangan dengan Qatar, Arab Saudi dan sekutu-sekutunya hari Senin mengatakan akan memperpanjang batas waktu 48 jam bagi Qatar untuk memenuhi tuntutan mereka.

Kuwait, yang mengupayakan akhir yang damai dari blokade negara-negara Arab terhadap Qatar, meminta perpanjangan batas waktu itu hari Minggu, beberapa waktu sebelum tenggat bagi Qatar untuk menjawab tuntutan koalisi pimpinan Arab Saudi berakhir.

Pernyataan yang terkoordinasi dan dirilis Senin pagi oleh kantor berita resmi di Kuwait dan Arab Saudi mengukuhkan batas waktu telah diperpanjang sampai berakhirnya Senin.

Hari Minggu, Mesir mengatakan, menteri-menteri luar negeri dari empat negara pemboikot akan membahas situasi dengan Qatar itu di Kairo hari Rabu.

Amerika mendukung upaya Kuwait menengahi sengketa Teluk Arab tersebut. Amerika memiliki ikatan yang kuat dengan kedua pihak: Armada Kelima Angkatan Laut Amerika berpusat di Bahrain dan pangkalan darat di Qatar merupakan fasilitas militer Amerika terbesar di wilayah itu. Selain itu, kesepakatan penjualan senjata ratusan miliaran dolar yang tertunda antara Amerika dan Arab Saudi mungkin akan terimbas hasil perselisihan diplomatik tersebut. [ka]

XS
SM
MD
LG