Tautan-tautan Akses

Eksploitasi Anak Harimau, Pria California Dinyatakan Bersalah


Kashtan, seekor harimau Amur, bermain dengan mainan di Kebun Binatang Kabupaten Milwaukee di Milwaukee di mana ia dirawat oleh staf kebun binatang dan terpisah dari ibu dan kedua saudara perempuannya, 12 Desember 2016. (Foto: AP)

Seorang laki-laki California dinyatakan bersalah memiliki seekor anak harimau secara ilegal. Anak harimau itu sempat tampil dalam sebuah video dengan bintang YouTube kontroversial, Logan Paul.

Nicholas Perkins, 33, dijatuhi masa percobaan tiga tahun, diperintahkan membayar denda hampir 6.000 dolar dan biaya dokter hewan sebesar AS$ 52.000 setelah harimau itu disita pada November 2017, kata Mike Feuer, pengacara kota Los Angeles.

Perkins juga diperintahkan menghadiri kelas selama 16 jam mengenai kekejian terhadap binatang. Dia juga diminta untuk bekerja sama dalam penyelidikan mengenai siapa yang membiakkan dan menjual harimau bernama Neil itu.

"Kita tidak boleh membiarkan hewan apapun dieksploitasi," kata Feuer kepada koran The Los Angeles Times pekan ini.

Para penyelidik Departemen Perikanan dan Satwa Liar California mengetahui lokasi Neil setelah diberitahu tentang sebuah unggahan di Instagram yang memperlihatkan seorang model berpose dengan seekor anak harimau, dan setelah Logan Paul mengunggah sebuah video dimana dia memperkenalkan anjingnya kepada harimau yang sama. Kedua hewan itu tampak takut dan harimau itu mengeluarkan suara yang menandakan keadaan tidak nyaman.

Perkins didakwa memiliki anak harimau secara ilegal dan memperlakukannya dengan tidak layak setelah para penyelidik menggeledah rumahnya dan menemukan hewan itu dalam kondisi mengenaskan. Neil kemudian dirawat di America's Teaching Zoo, sebuah program pelatihan hewan eksotik, di Moorpark College, dekat Los Angeles.

Jaksa tadinya menduga Perkins memperoleh harimau itu dari pedagang luar negara bagian. Namun penyelidik belum memastikan bagaimana hewan itu bisa jatuh ke tangannya. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG