Tautan-tautan Akses

Menurut Sensus, di India Terdapat Hampir 3.000 Ekor Harimau


Harimau Royal Bengal di dalam kandangnya di kebun binatang Alipore, Kolkata, India, 29 Juli 2019. Populasi harimau India telah tumbuh menjadi hampir 3.000, menjadikan negara itu salah satu habitat teraman bagi hewan-hewan yang terancam punah.

Harimau adalah salah satu spesies satwa dunia yang terancam punah. Akan tetapi India sedang berusaha keras untuk mengubah klasifikasi satwa nasionalnya itu.

Dalam kurun hanya empat tahun, populasi harimau India telah berkembang dari 2.226 ekor menjadi 2.976 ekor. Pada tahun 2010, populasi harimau India berkurang menjadi 1.400 ekor.

India kini merupakan salah satu tempat teraman di dunia bagi harimau.

“Sembilan tahun silam, diputuskan di Saint Petersburg, Rusia, bahwa target melipatgandakan populasi harimau adalah pada tahun 2022,” kata Perdana Menteri Narendra Modi hari Senin (29/7), pada waktu peluncuran Laporan Estimasi Harimau di Seluruh India tahun 2018. “Kami di India menuntaskan target ini empat tahun lebih cepat.”

“Ini adalah pencapaian bersejarah,” kata Modi mengenai pertumbuhan jumlah harimau di negara itu.

“Tetapi jalan yang perlu ditempuh masih panjang untuk mengamankan masa depan harimau liar pada jangka panjang,” kata Belinda Wright, pendiri the Wildlife Protection Society of India. Ia memperingatkan bahwa salah satu tantangan terbesar bagi harimau di India adalah populasi manusia yang sangat besar di negara itu dan konflik tak terelakkan antara satwa dan manusia. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG