Tautan-tautan Akses

Ekonomi China Alami Penurunan Terburuk dalam 50 Tahun


Warga mengenakan masker di sebuah pusat perbelanjaan di Beijing, China (17/4).

Beralih ke berita lain. China berjuang keras menghidupkan kembali ekonominya yang sangat menurun sejak pertengahan 1960-an, setelah jutaan orang diminta tinggal di rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu anjlok 6,8% dari tahun sebelumnya pada kuartal yang berakhir Maret, setelah pabrik, kantor dan pusat-pusat perbelanjaan ditutup untuk mencegah wabah.

Belanja konsumen yang mendorong 80% pertumbuhan tahun lalu dan kegiatan pabrik, lebih lemah dari yang diperkirakan.

Pabrik-pabrik diijinkan dibuka kembali bulan lalu, tetapi gedung bioskop dan bisnis lain yang mempekerjakan jutaan orang masih ditutup.

Penjualan eceran turun 19% dari tahun sebelumnya di kuartal pertama, dan membaik sedikit menjadi 15,8%. Tetapi konsumen yang gelisah tentang kemungkinan kehilangan pekerjaan, enggan berbelanja meskipun pemerintah berupaya menarik mereka kembali ke pusat perbelanjaan dan ruang pamer mobil.

Itu merupakan pukulan bagi pembuat mobil dan perusahaan lain yang berharap China akan menghidupkan kekuatan ekonomi dunia dari keterpurukan yang paling menyakitkan sejak tahun 1930-an. [ps/ii]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG