Tautan-tautan Akses

Edward Snowden Ingin Berkewarganegaraan Ganda AS-Rusia


Gambar file yang dibuat dari video dan dirilis oleh WikiLeaks, mantan analis sistem Badan Keamanan Nasional Edward Snowden berbicara di Moskow, 11 Oktober 2013. (Foto: AP)
Gambar file yang dibuat dari video dan dirilis oleh WikiLeaks, mantan analis sistem Badan Keamanan Nasional Edward Snowden berbicara di Moskow, 11 Oktober 2013. (Foto: AP)

Edward Snowden, pelapor rahasia AS yang buron, Senin (2/11) menyatakan ia telah mengajukan permohonan diri untuk mendapatkan kewarganegaraan Rusia, tetapi ia akan tetap mempertahankan kewarganegaraan Amerikanya.

Kantor berita AFP melaporkan, mantan kontraktor intelijen Amerika itu -yang pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa pemerintah AS memata-matai warganegaranya- telah tinggal dalam pengasingan di Rusia sejak pengungkapan itu.

Cuitan Snowden muncul beberapa pekan setelah ia mendapat status penduduk tetap di Rusia, dan hanya beberapa hari setelah pasangannya, Lindsay Mills, mengumumkan kehamilannya.

Snowden mencuit, “Setelah bertahun-tahun terpisah dari orang tua kami, istri saya dan saya tidak punya keinginan untuk dipisahkan dari putra kami.”

Snowden yang berusia 37 tahun itu mengatakan bahwa “dalam era pandemi ini dan perbatasan-perbatasan yang ditutup, kami mengajukan permohonan untuk mendapatkan kewarganegaraan ganda AS-Rusia.”

Moskow baru-baru ini saja melonggarkan undang-undang kewarganegaraannya yang ketat untuk memungkinkan individu-individu memiliki paspor Rusia tanpa menolak kewarganegaraan asal mereka.

Dalam utas singkat, Snowden menekankan bahwa ia dan Mills akan “tetap warga Amerika, membesarkan putra kami dengan semua nilai Amerika yang kami cintai – termasuk kebebasan untuk mengemukakan pikirannya.”

Mantan kontraktor AS itu diburu di AS atas tuduhan spionase setelah ia membocorkan informasi yang menunjukkan bahwa para petugas dari Badan Keamanan Nasional mengumpulkan catatan telepon dari jutaan warga negara AS.

Sebelumnya tahun ini, Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan “meninjau” pengampunan bagi Snowden, tetapi belum berkomentar lebih jauh mengenai masalah ini.

Pada tahun 2015, seruan terhadap presiden ketika itu, Barack Obama, untuk mengampuni Snowden ditolak oleh Gedung Putih. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG