Tautan-tautan Akses

Dulu Jadi Pinokio, Kini Benigni Jadi Geppetto Dalam Film Baru


Sineas film Italia, Roberto Benigni dalam konferensi pers untuk film "Pinocchio" di Malam Gala, Festival Film Berlinale ke-70 di Berlin, Jerman, 23 Februari 2020. (Foto: John MACDOUGALL / AFP)

Sineas film Italia, Roberto Benigni membintangi film klasik "Pinocchio" versi baru, yang nuansanya lebih gelap dibanding film-film sebelumnya yang masih menceritakan tentang sebuah boneka kayu yang hidup menjadi seorang bocah laki-laki.

Dalam film "Pinocchio" baru yang disutradari Matteo Garrone, aktor pemenang Oscar Roberto Benigni berperan sebagai pembuat mainan Geppetto. Salah satu mainan yang dibuatnya, sebuah boneka kayu berubah menjadi seorang anak laki-laki, seperti dikisahkan oleh Carlo Collodi dalam bukunya pada tahun 1883.

Aktor Mickey Rooney mengenakan kostum "Pinnochio," dalam foto bulan September 1957. (Foto: dok) Film baru "Pinocchio" akan dirilis di Inggris tanggal 14 August 2020.
Aktor Mickey Rooney mengenakan kostum "Pinnochio," dalam foto bulan September 1957. (Foto: dok) Film baru "Pinocchio" akan dirilis di Inggris tanggal 14 August 2020.

Benigni sendiri pernah menyutradarai film mengenai Pinokio pada 2002 lalu, di mana dia menjadi bintang utamanya, Pinokio. "Saya (dulu) Pinokio dan sekarang karena sudah tua, saya Geppetto," kata Benigni sambil tertawa.

Laki-laki 67 tahun itu mengatakan "Pinocchio" merupakan kisah cinta seorang ayah. Dan film ini tak hanya diperuntukkan bagi anak-anak, tapi juga orangtua, kata Benigni. "Karena sangat indah. Film ini mengajarkan kita banyak hal tanpa membuat bosan. Dengan sebuah kisah yang fantastis dan luar biasa."

Garrone mengatakan "Pinocchio" versi baru ini masih tetap "berdasarkan mahakarya klasik" oleh penulis Collodi, yang mengikuti perjalanan Pinokio bersama sebuah kelompok pertunjukkan boneka keliling. Tapi nuansa film baru ini jauh lebih gelap dibandingkan animasi Disney tahun 1940 yang ikonik.

Dulu Jadi Pinokio, Sekarang Benigni Jadi Geppetto Dalam Film Baru
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:14 0:00

"'Pinocchio' menceritakan tentang bagaimana kehidupan bisa menjadi keras dan berbahaya dan betapa pentingnya mengikuti nasihat orangtua. Dan betapa bahaya dan tragis konsekuensinya. Tapi juga mengangkat kisah cinta antara ayah dan anak," kata Garrone.

Kali ini, tokoh Pinokio diperankan oleh aktor muda Federico Ielapi. "Pinokio menunjukkan pada kita bahwa di dunia ini tidak hanya ada orang-orang baik, tapi juga orang-orang jahat. Tapi orang-orang jahat ini mengajari kita sesuatu, mengajari kita bagaimana untuk hidup," ujar Ielapi. "Pinocchio" akan dirilis di Inggris pada 14 August 2020. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG