Tautan-tautan Akses

Dugaan Pembantaian terhadap 11 Warga Sipil di Myanmar Picu Kemarahan Besar


Para pengunjuk rasa mencoba berlindung dibalik tameng saat bentrokan terjadi antara masa pengunjuk rasa dengan polisi dalam aksi demo melawan kudeta militer di Yangon, Myanmar, pada 1 Maret 2021. (Foto: Reuters/Stringer

Kemarahan menghiasi media sosial di Myanmar pada Rabu (8/12) setelah foto-foto dan kesaksian dari dugaan pembunuhan dan pembakaran terhadap 11 penduduk desa yang ditangkap oleh pasukan pemerintah di kawasan barat laut negara itu beredar luas.

Foto-foto dan video dari mayat yang terbakar di desa Done Taw di wilayah Sagaing beredar luas pertama kali pada Selasa (7/12). Foto-foto dan video yang beredar tersebut diduga diambil tidak lama setelah para korban dibunuh dan mayat mereka dibakar.

Foto dan video yang beredar tersebut hingga saat ini tidak bisa diverifikasi secara independen.

Kesaksian seseorang kepada kantor berita Associated Press yang mengatakan bahwa ia pergi ke lokasi kejadian cocok dengan uraian dari insiden yang diberitakan oleh media independen Myanmar. Pemerintah Myanmar sendiri belum mengomentari akan tuduhan tersebut.

Jika terkonfirmasi, maka kejadian ini merupakan kekejaman terbaru yang terjadi di Myanmar dalam perjuangan yang sengit menuju era demokrasi menyusul pengambilalihan kekuasaan oleh militer pada Februari lalu. [jm/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG