Tautan-tautan Akses

Dubes Baru AS Serahkan Surat Kepercayaan pada Presiden Jokowi 


Dubes AS untuk Indonesia, Sung Yong Kim, menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (21/10).

Duta Besar baru Amerika untuk Republik Indonesia, Sung Yong Kim, hari Rabu (21/10) menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam keterangan di situs Kedutaan Besar Amerika di Jakarta, Dubes Kim mengatakan, “Amerika dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat, dan saya menantikan masa depan dengan lebih banyak lagi kemajuan. Saya berharap untuk dapat bekerja demi kebaikan masyarakat Indonesia dan Amerika, dan mengenal negara yang indah ini.”

Sung Kim dinominasikan sebagai Duta Besar Amerika Untuk Indonesia pada 16 Oktober 2019 dan dikonfirmasi oleh semua anggota Senat pada 6 Agustus 2020.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Duta Besar Amerika Untuk Filipina, dari November 2016 hingga Oktober 2020. Ia juga pernah menjadi Duta Besar Amerika Untuk Republik Korea, dari tahun 2011 hingga 2014. Di antara waktu kedua posisi itu, Kim menjabat sebagai Perwakilan Khusus Untuk Kebijakan Korea Utara di Washington DC.

Kim juga pernah menjadi Utusan Khusus Perundingan Enam Negara, dengan jabatan setara dengan duta besar. Ia kaya akan pengalaman diplomasi karena pernah berdinas di Tokyo, Kuala Lumpur, dan Hong Kong. Sebelum bergabung dengan Dinas Luar Negeri, ia menjadi jaksa di Los Angeles, California.

Kim dilahirkan di Seoul, Korea Selatan, dan dibesarkan di Los Angeles. Ia menyelesaikan pendidikan strata satu di University of Pennsylvania dan strata dua dalam bidang hukum di Loyola University. Ia juga memiliki gelar Magister Hukum dari London School of Economics dan gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea. Kim dan istrinya dikaruniai dua orang anak perempuan.

Jokowi Juga Terima Surat Kepercayaan dari Enam Dubes Lain

Selain Duta Besar Amerika Untuk Indonesia Sung Kim, Presiden Joko Widodo hari Rabu juga menerima surat-surat kepercayan dari enam duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) lain. Upacara dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah perebakan virus corona.

Penyerahan surat kepercayaan ini menandai dimulainya penugasan resmi para duta besar itu.

Seluruh duta besar ini selanjutnya akan berkedudukan di Jakarta.

Tujuh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo, menandai penugasan resmi di Indonesia.
Tujuh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo, menandai penugasan resmi di Indonesia.

Secara keseluruhan tujuh duta besar negara sahabat yang diterima Presiden Joko Widodo adalah:

1.Sung Yong Kim, Duta Besar LBBP Amerika Serikat untuk Republik Indonesia.

2. Benedetto Latteri, Duta Besar LBBP Republik Italia untuk Republik Indonesia;

3. Iv Heang, Duta Besar LBBP Kerajaan Kamboja untuk Republik Indonesia;

4. Taesung Park, Duta Besar LBBP Republik Korea untuk Republik Indonesia;

5. Johannes Peterlik, Duta Besar LBBP Republik Austria untuk Republik Indonesia;

6. Manuel Antonio Saturno Escala, Duta Besar LBBP Republik Panama untuk Republik Indonesia; dan

7. Lars Bo Larsen, Duta Besar LBBP Kerajaan Denmark untuk Republik Indonesia. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG