Tautan-tautan Akses

Mantan Menlu AS Kecam Keras Keputusan Trump Soal Iran


Presiden AS Donald Trump (kanan) dan mantan Menlu AS John Kerry (kiri).

John Kerry, mantan menteri luar negeri Amerika, mengecam keras keputusan Presiden Donald Trump untuk tidak mensertifikasi pematuhan Iran pada persetujuan nuklir yang ditandatangani oleh enam negara kuat dunia tahun 2015.

Kerry mengatakan keputusan itu “tindakan gegabah mengabaikan fakta demi ego dan ideologi.” Kerry, yang merundingkan persetujuan itu, menambahkan bahwa Trump “memperlemah kemampuan kita, mengasingkan kita dari sekutu kita, memperkuat kaum garis keras Iran, mempersulit masalah Korea Utara dan berisiko memperdekat kita ke konflik militer.”

Presiden Iran mengatakan Jumat (13/10) persetujuan nuklir yang ditandatanganinya dengan enam negara kuat dunia tahun 2015 tidak dapat dibatalkan.

Dalam pidatonya yang ditayangkan ke seluruh Iran setelah ucapan Trump itu, Presiden Iran Hassan Rouhani mendesak semua negara penandatangan persetujuan itu agar mematuhi janji mereka. Ia menyebut persetujuan itu “pencapaian yang luar biasa” dalam diplomasi internasional dan mengatakan Ia akan terus mematuhinya. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG