Tautan-tautan Akses

Dua Tewas dalam Demonstrasi di Iran


Masyarakat berdemonstrasi di Tehran, Iran, 30 Desember 2017, dalam sebuah gambar video yang diperoleh Reuters.

Setidaknya dua orang dilaporkan tewas dalam bentrokan antara demonstran anti pemerintah dan polisi di Iran, Sabtu (30/12).

Video yang diunggah di media sosial pada Sabtu menunjukkan dua demostran setelah ditembak mati polisi anti huru-hara di Kota Dorud, Iran barat ketika demonstrasi berubah menjadi kekerasan Sabtu malam.

VOA Seksi Persia mengidentifikasi kedua orang tersebut sebagai Hamzeh Lashni dan Hossein Reshno. Reporter VOA berbicara dengan keluarga korban.

Video lain yang diunggah ke media sosial juga menunjukkan demonstran tampak menyerang gedung-gedung pemerintah dan terlibat konflik kekerasan dengan polisi. Video yang belum diverifikasi yang diunggah ke media sosial tampak menunjukkan ribuan orang berdemonstrasi di beberapa kota di seluruh Iran.

Kantor berita AFP melaporkan, layanan ponsel dan internet terganggu di Teheran sesaat sebelum Sabtu tengah malam. AFP juga mengutip jaringan berita pemerintah Iran IRINN yang mengatakan pihaknya dilarang meliput demonstrasi anti-pemerintah itu.[ka]

XS
SM
MD
LG