Tautan-tautan Akses

2 Alat Baru Bantu Deteksi Dini Masalah Kesehatan


Alat deteksi penyakit dini "Tricorder," yang mengambil nama alat pemindai medis fiksi yang digunakan dalam Star Trek.
Alat deteksi penyakit dini "Tricorder," yang mengambil nama alat pemindai medis fiksi yang digunakan dalam Star Trek.

Dua perangkat medis kecil ini mampu dengan cepat mendiagnosis beberapa kondisi kesehatan pengguna alat itu, termasuk kemungkinan serangan jantung.

Menunggu hasil tes laboratorium tentang masalah kesehatan yang serius bisa menjadi soal hidup atau mati. Tetapi kini sedang dibuat dua perangkat medis kecil yang mampu dengan cepat mendiagnosis beberapa kondisi kesehatan pengguna alat itu, termasuk kemungkinan serangan jantung.

Alat pertama adalah "tricorder," mengambil nama alat pemindai medis fiksi yang digunakan dalam film dan serial TV Star Trek.

Tricorder bisa mendiagnosis beberapa penyakit dengan menguji sampel darah, air seni dan air liur. Kepingan kecil dalam perangkat itu berisi jaringan cairan rumit yang menguji cairan sampel.

“Hasil diagnostik dikirim ke aplikasi ponsel pintar,” ujar Zhenyu Li, pencipta tricorder.

Respon cepat itu bisa mengingatkan pengguna akan kemungkinan serangan jantung yang akan terjadi atau mendiagnosis masalah kesehatan serius lain. Tricorder itu juga bisa digunakan untuk mengetes penyakit menular.

Alat kedua seperti cincin tetapi lentur dan dipasangi sensor electrocardiogram nirkabel yang bisa mendiagnosis detak jantung yang tidak teratur, serta kondisi lain. Seperti tricorder, hasil tes dikirim ke aplikasi ponsel, atau langsung ke dokter.

Kedua alat diagnostik berharga itu bisa didapat dokter dan pasien dalam beberapa tahun ke depan. [ka/al]

XS
SM
MD
LG