Tautan-tautan Akses

DPR AS Dukung Penghentian Bantuan untuk Saudi di Yaman


Masyarakat adat yang setia kepada pemberontak Houthi mengacungkan senjata sebagai tanda dukungan untuk pembicaraan damai di Sanaa, Yaman, 13 Februari 2019.

Dewan Perwakilan Rakyat AS, yang didominasi fraksi Demokrat, Rabu (13/2), dalam pemungutan suara setuju untuk menghentikan dukungan Amerika pada koalisi pimpinan Arab Saudi dalam perang di Yaman. Ini merupakan bagian dari upaya Kongres untuk mendesak Presiden Donald Trump memperkeras kebijakan terhadap Arab Saudi.

Namun, keputusan yang didukung oleh 248 suara melawan 177 itu, tidak cukup kuat untuk melangkahi veto Presiden Trump terhadap resolusi itu.

Fraksi Demokrat dan Republik mengajukan resolusi itu dua pekan lalu sebagai cara mengirim pesan kuat kepada Arab Saudi tentang bencana kemanusiaan di Yaman dan mengutuk pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi.

Pemerintahan Trump dan banyak anggota Republik di Kongres mengatakan keputusan itu itu tidak tepat sebab Amerika hanya membantu pesawat pengisi bahan bakar di udara dan dukungan lain di Yaman bukan memberi bantuan pasukan. Selain itu, dikatakan bahwa resolusi dapat merusak hubungan di kawasan sana dan merugikan kemampuan Amerika mencegah penjalaran ekstremisme keras. [al]

XS
SM
MD
LG