Tautan-tautan Akses

Donor Janjikan $1,2 Miliar untuk Yaman, Jauh dari Target PBB


Warga Yaman yang hidup dalam kemiskinan menerima bantuan tepung dan makanan pokok lainnya dari lembaga amal di provinsi Lahj, Yaman selatan, pada 29 Maret 2022. (Foto: AFP/Saleh Al-Obeidi)
Warga Yaman yang hidup dalam kemiskinan menerima bantuan tepung dan makanan pokok lainnya dari lembaga amal di provinsi Lahj, Yaman selatan, pada 29 Maret 2022. (Foto: AFP/Saleh Al-Obeidi)

PBB berhasil menggalang dana sebesar $1,2 miliar untuk bantuan kemanusiaan ke Yaman. Tetapi jumlah itu jauh di bawah target $4,3 miliar yang ditetapkan PBB untuk membantu negara yang tengah dilanda perang itu.

Pada konferensi donor global di Jenewa, Senin (27/2), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa AS tahun ini akan memberi $444 juta bantuan kemanusiaan ke Yaman. Ia mendesak donor lain untuk meningkatkan kontribusinya.

Blinken mengatakan bahwa kekurangan dana tahun lalu untuk Yaman memaksa badan-badan PBB untuk mengurangi operasi di negara itu, termasuk jatah makanan. Dengan donasi tahun ini, total kontribusi Amerika Serikat bagi Yaman sejak dimulainya perang di negara itu adalah $5,4 miliar, menurut Blinken.

Sekitar dua pertiga populasi Yaman — lebih dari 21 juta orang — membutuhkan layanan kemanusiaan dan perlindungan, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, pada Senin, mengatakan kepada para donor, “Rakyat Yaman layak mendapat bantuan kita. Tetapi lebih dari itu, mereka berhak mendapatkan jalan keluar yang kredibel dari konflik yang abadi dan kesempatan untuk membangun kembali komunitas dan negara mereka.”

Organisasi bantuan Dewan Pengungsi Norwegia mengatakan sumbangan yang dijanjikan pada Senin itu tidak memadai. Secara global, PBB mengupayakan rekor $51,5 miliar untuk bantuan tahun ini, dan badan dunia itu mengakui bahwa krisis di seluruh dunia membebani para donor. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG