Tautan-tautan Akses

Dituduh Bunuh Suami, Mantan Anggota Kongres Brazil Dibui


Gambar selebaran yang dirilis oleh Kamar Deputi Brasil menunjukkan Deputi Brasil Flordelis dos Santos de Souza di Brasilia, pada 11 Agustus 2021. (Foto: Cleia VIANA/Brazilian Chamber of Deputies/AFP)

Flordelis dos Santos de Souza, mantan anggota kongres Brazil yang dituduh mengatur pembunuhan suaminya pada Juni 2019, ditangkap Jumat (14/8) malam, setelah kekebalannya sebagai anggota parlemen.

Flordelis tahun lalu didakwa melakukan pembunuhan itu. Ia dan 10 orang lain diduga berkomplot membunuh suaminya, pastor Anderson do Carmo. Korban ditembak 30 kali dalam garasi rumah mereka. Namun posisinya sebagai wakil federal yang mewakili negara bagian Rio de Janeiro melindunginya dari tuntutan.

Pada Rabu (11/8), majelis rendah Brazil mencopot jabatan Flordelis. Segera setelah itu, seorang hakim memerintahkan agar dia ditangkap atas permintaan jaksa.

Pengacara Flordelis, Anderson Rollemberg, mengkritik penangkapan itu dan bertekad mengajukan banding pada Senin (16/8) pagi.

Kasus Flordelis membuat Brazil tercengang karena beberapa alasan, termasuk profil terdakwa, yang tidak biasa. Seorang mantan pastor dan penyanyi gereja, Flordelis menjadi terkenal karena mengadopsi puluhan anak miskin, Sebagian dari mereka belakangan menuduhnya menjalankan organisasi seperti aliran sesat. [ah/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG