Tautan-tautan Akses

Ditemukan 1 Jenazah di Lokasi Tenggelamnya Kapal Sewol


Para anggota keluarga korban tenggelamnya kapal Sewol mengamati upacara pengangkatan lkapal tersebut dari dasat laut Jindo, Korea Selatan, 28 Maret 2017 (Foto: Yonhap via Reuters).

Pejabat Korea Selatan mengatakan para awak pengangkatan bangkai kapal telah menemukan satu jenazah yang diperkirakan salah seorang korban yang hilang dalam musibah kapal feri tahun 2014, yang menewaskan lebih dari 300 orang.

Kementerian maritim mengatakan jenazah itu ditemukan di lokasi para pekerja mengangkat bangkai kapal tersebut pekan lalu.

Kapal itu terbalik bulan April tahun 2014 dengan 476 orang di dalamnya, sebagian besar dari mereka siswa SMA, ketika kapal itu berlayar dari Incheon ke tempat berlibur pulau Jeju. Tiga ratus empat orang meninggal dalam salah satu bencana maritim terburuk di negara itu.

Para petugas pertolongan mengangkat semua jenazah kecuali sembilan orang yang tewas sebelum pemerintah menghentikan pencarian dalam air bulan November tahun 2014.

Bencana itu dengan cepat menunjukkan kekurangan prosedur darurat pemerintah, dan juga mengungkapkan masalah korupsi dan peraturan yang gagal, dan menimbulkan kemarahan rakyat yang sebagian mendorong penggulingan Presiden Park Geun-hye.

Kapten kapal itu Lee Joon-seok, yang meninggalkan kapal, didapati bersalah melakukan kelalaian besar dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, sementara 14 awak lain kapal itu dihukum sampai 12 tahun penjara karena meninggalkan kapal dan melanggar undang-undang maritim. [gp]

XS
SM
MD
LG