Tautan-tautan Akses

Direktur IMF Lagarde Serukan Dialog untuk Cegah Perang Dagang


Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berbicara dalam sebuah konferensi pers di sela pertemuan Bank Dunia/IMF di Washington, Thursday, 19 April 2018.
Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berbicara dalam sebuah konferensi pers di sela pertemuan Bank Dunia/IMF di Washington, Thursday, 19 April 2018.

Dana Moneter Internasional, Kamis (19/4), memperingatkan negara-negara supaya jangan mengambil langkah-langkah yang merugikan perdagangan dan investasi, karena kedua hal itu merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi global.

Kepala IMF Christine Lagarde mengatakan meningkatnya ketegangan perdagangan bisa berdampak ke seluruh dunia, mengurangi kepercayaan dan menghambat investasi. Ia mendesak supaya semua sengketa diselesaikan lewat dialog.

Kantor berita AFP mengutip Lagarde mengatakan “investasi dan perdagangan adalah dua mesin ekonomi penting yang sedang mendorong perkembangan. Kita tidak ingin merusak hal itu,” katanya dalam jumpa pers menjelang pembukaan pertemuan musim semi IMF dan Bank Dunia.

Pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh perdagangan dan investasi telah menaikkan pertumbuhan global sebesar 3,9 persen tahun ini dan tahun depan, kata Lagarde menambahkan.

Presiden Amerika Donald Trump bulan lalu mengumumkan bea impor tinggi atas baja dan aluminium dan mengancam akan mengenakan tarif lebih banyak lagi atas barang-barang buatan Cina. Ini mendorong tindakan balasan Cina yang mengenakan bea impor atas daging babi dan sorghum dan mengancam akan melakukan hal sama atas produk Amerika lainnya seperti kacang kedelai.

Kata Lagarde, sengketa seperti itu akan mengakibatkan kerugian bukan hanya pada kedua negara yang terlibat, karena seluruh rantai produksi global saling terkait. “Kerja sama ekonomi telah menunjukkan hasil dan kemajuan baik bagi lebih banyak manusia dibanding kapanpun dalam sejarah,” imbuhnya. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG