Tautan-tautan Akses

Direktur CIA: Penting, Denuklirisasi Semenanjung Korea


FILE - Direktur Central Intelligence Agency Mike Pompeo bersaksi di hadapan Komite Intelijen Senat A.S. untuk Intelijen di Capitol Hill di Washington, 11 Mei 2017.

Direktur CIA Mike Pompeo Kamis menyatakan mendenuklirisasi Semenanjung Korea dan mengontrol senjata nuklir di sana merupakan hal penting.

Merujuk pada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, direktur CIA itu mengatakan “hal paling berbahaya” terkait senjata nuklir “adalah sosok yang memegang kendali” atas arsenal nuklir. Pompeo menambahkan hal paling penting yang dapat dilakukan adalah memisahkan keduanya. Direktur CIA itu menyatakan ia yakin komite intelijen akan mengetengahkan serangkaian opsi luas kepada presiden mengenai cara melakukannya.

Pompeo berbicara di Colorado pada Forum Keamanan Aspen Institute 2017.

Berbicara mengenai Kim, Pompeo mengatakan memiliki sebuah misil yang mampu mendarat di Denver, Colorado atau Aspen merupakan satu masalah. Masalah lainnya adalah dikuasainya seluruh arsenal itu oleh Kim. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan kemampuan tersebut dari Kim. Ia berharap akan ada jalan keluar ditemukan untuk memisahkan rezim Kim Jong-un dari sistem persenjataan tersebut. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG