Tautan-tautan Akses

Trump: Direktur Baru FBI Mungkin Baru Akan Ditunjuk Akhir Pekan Depan


Presiden Donald Trump melambaikan tangan setelah berbicara dengan para wartawan di atas Air Force One sebelum bertolak dari Lanud Andrews, Maryland 13 Mei 2017 menuju Lynchburg, Virginia (foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Direktur FBI yang baru, menurut Presiden AS Donald Trump, mungkin baru akan ditunjuk pekan depan.

Presiden AS Donald Trump hari Sabtu mengatakan direktur FBI yang baru mungkin baru akan ditunjuk pekan depan.

“Kita bisa mengambil keputusan segera,” kata Trump kepada wartawan di dalam pesawat kepresidenan Air Force One sebelum terbang ke Lynchburg, Virginia untuk menyampaikan pidato wisuda di Universitas Liberty.

Pernyataan presiden itu disampaikan empat hari setelah pemecatan James Comey, langkah kontroversial yang masih hangat di Washington.

Ketika ditanya apakah Trump akan mengumumkannya sebelum hari Jumat, ketika dijadwalkan pergi ke Timur Tengah dan Eropa dalam lawatan luar negeri pertamanya sebagai presiden, dia menjawab, “Mungkin saja.”

Lebih dari 10 orang dipertimbangkan, termasuk pengacara, para pejabat penegak hukum dan anggota Kongres.

Sedikitnya lima kandidat akan diwawancarai di Washington hari Sabtu oleh Jaksa Agung Jeff Sessions dan wakilnya, Rod Rosenstein.

Alice Fisher, seorang pejabat tinggi pada Departemen Kehakiman dalam pemerintahan George W. Bush, termasuk yang akan diwawancara hari Sabtu.

Wawancara lainnya adalah dengan Adam Lee, agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor FBI di Richmond, Virginia, penjabat Direktur FBI Andrew Cabe, hakim Pengadilan Banding New York Michael Garcia dan Senator John Cornyn, menurut sumber-sumber yang mengetahui proses seleksi itu. [vm]

XS
SM
MD
LG