Tautan-tautan Akses

Dira Sugandi Sempat Nervous Tampil dengan Musisi Amerika


Dira Sugandi tampil bersama Harvey Manson Band di Java Jazz Festival 2018, Maret 2018. (Foto: VOA Indonesia)

"Sebagai musisi, kita berdialog dengan lagu", itulah pendapat dari Dira Sugandi, penyanyi Jazz Indonesia yang seringkali tampil dengan musisi Amerika seperti Jason Mraz, David Foster dan penyanyi tenor legendaris asal Italia Andrea Bocelli.

Dira yang mempunyai nama asli Dira Julianti Sugandi ini dikenal sebagai salah satu penyanyi Jazz terbaik Indonesia yang mempunyai karakter vokal mezzo-sopran, yang mampu menyanyikan lagu-lagu jazz bernotasi tinggi dengan teknik Cressendo.

Walau kerap kali tampil di panggung jazz internasional, namun istri dari drummer Elfa Zulham ini, masih sering agak gugup sebelum naik panggung. Padahal Dira sudah beberapa kali tampil bersama musisi, pianis dan produser musik, David Foster. Hal ini disampaikan Dira saat beberapa waktu lalu tampil di ajang Java Jazz Festival di Jakarta. Dira tampil dengan jazz band Amerika, arahan pemain drum dan produser jazz yang sangat terkenal, Harvey Mason, pada pertunjukkan Java Jazz beberapa bulan lalu.

Dira Sugandi and Harvey Manson at Java Jazz Festival 2018. (Foto: Dira Sugandi/Koleksi Pribadi)
Dira Sugandi and Harvey Manson at Java Jazz Festival 2018. (Foto: Dira Sugandi/Koleksi Pribadi)

“Dalam Java baru Jazz lalu, saya diberi kesempatan untuk tampil satu panggung dengan musisi legendaris dan jazz drummer, Harvey Mason. Rasanya luar biasa banget. Awal-awalnya saya nervous banget karena dia musisi jazz legendaris dari amerika, tapi pas kita latihan dia supportif banget", kata Dira menceritakan pengalamannya.

Bagi publik Indonesia, Harvey Manson dikenal sejak tahun 1990an, saat Harvey tergabung dalam kelompok Four Play dan meluncurkan album fusion Jazz bersama Lee Ritenour (gitar), Bob James (keyboard) dan Nathan East (Bass). Salah satu lagu hits mereka, Rio Funk, menjadi barometer lagu untuk aliran Fusion Jazz, dan dimainkan oleh banyak musisi Indonesia dan dunia.

"Saya suka Dira, kemampuan vokalnya luar biasa", kata Harvey kepada VOA Indonesia mengomentari penampilan Dira.

Bagi Dira, musik Jazz membantu dia berekspresi tentang apa yang ada di dalam pikirannya. "Dalam setiap lagu yang saya nyanyikan, saya akan selalu berdialog improvisasi dengan musisi lain", kata Dira yang setelah Java Jazz kembali tampil bersama David Foster, dalam konser Hitman David Foster and Friends, di Dyandra Convention Center, Surabaya.

Penyanyi asal Kota Bandung yang pernah menjadi murid (alm) Elfa Secioria di sekolah musik Elfa's Music Studio ini, sangat optimis bahwa musik Jazz Indonesia akan mendapatkan tempat di panggung jazz dunia. Dira juga berencana untuk kembali tampil berkolaborasi dengan musisi internasional, mungkin dalam bentuk album baru. "Doakan saja ya", ujar Diri menutup wawancara. [ahadian utama/Andira Inaya]

XS
SM
MD
LG