Tautan-tautan Akses

Diplomat Korut Berangkat ke Finlandia Temui Mantan Diplomat AS


Diplomat Korea Utara Choe Kang Il, tengah, di Bandara Internasional bersiap naik ke pesawat tujuan Helsinki di Beijing, 18 Maret 2018.
Diplomat Korea Utara Choe Kang Il, tengah, di Bandara Internasional bersiap naik ke pesawat tujuan Helsinki di Beijing, 18 Maret 2018.

Media Korea Selatan mengatakan hari Minggu (18/3) seorang diplomat senior Korea Utara akan berangkat ke Findlandia untuk bertemu dengan para mantan diplomat Amerika, setelah delegasi Korea Utara menyelesaikan pembicaraan 3 hari dengan para diplomat Swedia yang mungkin akan menghasilkan pertemuan antara Presiden Amerika Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Kantor berita Yonhap melaporkan Choe Kang-iL, wakil dirjen urusan Amerika Utara Korea Utara, terlihat di bandara internasional ibukota Beijing sebelum menaiki penerbangan ke Findlandia.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan mantan Duta Besar Amerika untuk Korea Selatan Kathleen Stephens akan termasuk di antara mantan diplomat Amerika yang akan bertemu dengan Choe. Pejabat Korea Utara itu juga diperkirakan akan berbicara dengan para pakar keamanan dari Seoul.

Yonhap mengatakan para diplomat di pembicaraan Findlandia itu "akan tukar-menukar pendapat mengenai penghapusan nuklir Semenanjung Korea dan pertemuan puncak antar Korea yang dijadwalkan bulan April dan pertemuan puncak Amerika-Korea Utara yang diperkirakan berlangsung pada bulan Mei."

Hari Jumat, Duta Besar Swedia di PBB, Olof Skoog, mengatakan negaranya sedang berusaha membantu peredaan ketegangan di Semenanjung Korea dengan menjamu pembicaraan. Swedia adalah satu dari beberapa negara Eropa Barat yang mempunyai kedutaan di Pyongyang. Di sana, kedutaan Swedia menyediakan pelayanan diplomatik bukan hanya bagi warga Swedia, tetapi juga warga Amerika, Kanada, dan Australia.

"Keadaan keamanan di semenanjung itu adalah salah satu masalah yang paling mendesak dalam agenda dunia saat ini, dan kalau Swedia dapat memainkan peranan dalam peredaan di sana, inilah yang sedang kami usahakan," kata Skoog kepada para wartawan di New York. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG