Tautan-tautan Akses

Menteri Korut di Swedia di Tengah-Tengah Spekulasi Pertemuan Trump-Kim


Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong Ho (kiri) meninggalkan gedung pemerintah "Rosebad" di pusat kota Stockholm, Swedia, 16 Maret 2018.

Menteri luar negeri Korea Utara bertemu sebentar dengan perdana menteri Swedia hari Jumat (16/3), dalam suatu kunjungan mendadak ke Stockholm. Pertemuan ini memicu spekulasi mengenai kemungkinan pertemuan di negara Skandinavia itu antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom mengatakan Swedia berharap peran serta kontak-kontaknya dapat dimanfaatkan, akan tetapi ia menekankan keputusan itu diserahkan kepada negara-negara bersangkutan. Ia menyatakan menghargai kesempatan untuk mengatur suatu pertemuan, tanpa merinci maksudnya.

Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven (Foto: dok).
Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong Ho tiba Kamis malam (15/3) dan mengadakan pertemuan pertamanya dengan Wallstrom. Jumat pagi, Ri mengadakan kunjungan kehormatan ke kantor Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven.

Trump telah bersedia bertemu Kim selambat-lambatnya bulan Mei. Sejauh ini Korea Utara belum berkomentar secara terbuka mengenai apa yang diharapkannya dari pertemuan tersebut. Swedia telah didesas-desuskan mungkin menjadi lokasi pertemuan puncak antara Kim dan Trump, meskipun desa gencatan senjata di Korea Selatan yang berada di Zona Demiliterisasi kedua negara Korea dianggap lebih besar kemungkinannya menjadi tempat pertemuan itu. [uh]

XS
SM
MD
LG