Tautan-tautan Akses

AS

Digertak Trump, Chicago Bergeming


Wali Kota Chicago Lori Lightfoot berbicara dalam konferensi pers di depan Lapangan Wrigley di Chicago, 16 April 2020.

Wali Kota Chicago Lori Lightfoot, seorang Demokrat kepada wartawan, Selasa (21/7), menyatakan telah menerima jaminan bahwa aparat keamanan federal tidak akan menangkap atau menahan warga tanpa sebab apa pun, jika mereka dikerahkan ke Chicago.

Namun Lori menegaskan kota tersebut siap jika hal itu terjadi.

"Sayangnya, kita tidak bisa melampaui pemerintahan Trump," Lightfoot menambahkan.

"Saya berharap mereka tidak akan cukup bodoh untuk membawa omong kosong semacam itu ke Chicago. Tapi saya juga tidak naif, dan kita akan lebih giat dan juga siap-siaga, dan jika perlu dihentikan, kita akan melakukannya."

Lightfoot, yang sering kritis terhadap Trump, dalam suratnya pada Senin (20/7) mengecam Presiden AS itu atas retorika yang "tidak membantu". Dia juga mengecam rincian langkah-langkah pemerintah federal untuk membantu kota Chicago mengurangi kekerasan, termasuk reformasi senjata yang aman, dukungan keselamatan publik, pemberdayaan masyarakat dan investasi dalam masyarakat itu sendiri.

Seorang warga Chicago, Avis Weisman, mengemukakan sejumlah aparat federal yang berpatroli di jalan-jalan Chicago merupakan hal yang "sangat buruk".

"Dia (Trump) perlu bekerja sama dengan Kota Chicago dan tidak membawa kehancuran ke kota ini," lebih lanjut Weisman menyatakan. [mg/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG