Tautan-tautan Akses

Dicurigai Mata-mata Iran, Jerman Tangkap Pria dengan Kewarganegaraan Jerman


Seorang pria dengan dwi-kewarganegaraan Jerman dan Afghanistan ditangkap di Jerman, karena dicurigai mata-mata Iran (foto: ilustrasi).
Seorang pria dengan dwi-kewarganegaraan Jerman dan Afghanistan ditangkap di Jerman, karena dicurigai mata-mata Iran (foto: ilustrasi).

Jerman telah menangkap seorang laki-laki dengan dwi-kewarganegaraan Jerman dan Afghanistan karena dicurigai melakukan pekerjaan mata-mata untuk Iran, sementara bekerja untuk militer Jerman. Demikian menurut penuntut federal Jerman pada Selasa (15/1).

Tersangka diidentifikasi sebagai Abdul Hamid S, usia 50 tahun, dan akan tampil di pengadilan Selasa.

Penuntut mengatakan, tersangka adalah seorang “evaluator bahasa dan penasihat isu budaya” untuk militer Jerman, dan diduga telah memberi informasi sensitif kepada badan intelijen Iran.

Spiegel Online, sebuah situs berita berbahasa Jerman, mengatakan, dia dicurigai bekerja untuk badan intelijen Iran selama beberapa tahun. Majalah berita Jerman, Der Spiegel, melaporkan dia memiliki informasi yang peka karena jabatannya di militer Jerman, dan dia sering melakukan tugas penerjemahan untuk pasukan Jerman di Afghanistan.

Penangkapan dirinya terjadi sementara pejabat intelijen Eropa mengungkapkan keprihatinan mereka tentang peningkatan serangan di dunia maya dan kegiatan mata-mata lainnya.

Badan intelijen Jerman melaporkan pada Juli bahwa Iran telah meningkatkan kemampuan serangan di dunia maya, sehingga mengancam bisnis dan lembaga penelitian di Jerman. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG