Tautan-tautan Akses

AS

Di Tengah Kecaman terhadap FBI, Trump Dukung Direktur Wray


Direktur FBI, Christopher Wray (foto: dok).

Gedung Putih telah menyatakan rasa percaya terhadap Direktur FBI, Christopher Wray menyusul laporan Wray mengancam akan mengundurkan diri ketimbang patuh kepada tekanan dari Presiden Donald Trump untuk memecat wakilnya, Andrew McCabe.

“Presiden punya rasa percaya sepenuhnya pada Direktur Wray. Presiden menempatkan dia di sana dengan alasan tertentu dan dia menilai Wray tepat untuk memimpin badan itu. Dan Wray melakukan tugasnya dengan baik, dan presiden gembira dia ada di sana,” demikian kata juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders kepada VOA.

Situs berita Axios melaporkan bahwa Jaksa Agung Jeff Sessions, atas desakan Trump, menekan Wray agar mencopot McCabe dan anggota-anggota lain dari tim pembantu mantan direktur FBI James Comey, ditengah-tengah tuduhan bahwa pejabat FBI senior punya prasangka politik dalam kerja profesional mereka.

Axios mencatat bahwa pemecatan seperti itu bisa menciptakan kehebohan, dan dilaporkan Gedung Putih mengalah setelah Wray menolak patuh pada desakan itu.

Trump beberapa kali menuliskan cuitan yang mengungkapkan ketidak senangannya dengan McCabe, dan katanya istri McCabe menerima sumbangan kampanye sebesar $700 ribu dari apa yang disebutnya “boneka-boneka Clinton” ketika istri McCabe berkampanye di Virginia sebagai Demokrat. [ps]

XS
SM
MD
LG