Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Petugas CIA Ditangkap Karena Menyimpan Informasi Rahasia


Lobi markas CIA di Langley, Virgnina. (Foto:dok)

Seorang mantan petugas CIA telah ditangkap dan dikenakan tuntutan karena secara ilegal menyimpan informasi pertahanan nasional, Kejaksaan Amerika Serikat mengatakan, Selasa (16/1).

Jerry Chun Shing Lee, atau Zhen Cheng Li, 53, telah ditangkap Senin (15/1), saat tiba di Bandara John F. Kennedy, New York. Lee, seorang warganegara Amerika, yang saat ini bertempat tinggal di Hong Kong, dan mulai bekerja sebagai petugas CIA sejak 1994.

Dia dihadapkan ke pengadilan federal, Selasa, di New York, tetapi akan dituntut di Virginia utara, lokasi kantor pusat CIA berkantor. Dia dituduh menyimpan informasi pertahanan nasional secara ilegal dan menghadapi ancaman hukuman 10 tahun apabila terbukti bersalah.

Kejaksaan mengatakan pada 2012, agen-agen FBI yang menggeledah kamar hotel Lee ketika dia melakukan perjalanan ke Virginia dan Hawaii, menemukan dua buku catatan yang memuat informasi rahasia, termasuk nama dan nomor telepon dari agen rahasia CIA, catatan dari pertemuan, lokasi pertemuan operasional, lokasi dari fasilitas rahasia.

Menurut sebuah laporan yang disusun agen FBI, Lee pernah diwawancarai oleh FBI lima kali pada 2013 dan tidak pernah membeberkan kepemilikan buku catatan itu. Dia juga bertemu dengan mantan rekan-rekannya di CIA tanpa mengembalikan bahan-bahan itu kepada pemerintah, kata Kejaksaan dalam pernyataannya. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG