Tautan-tautan Akses

AS

Dewan Yahudi Muslim AS Puji Trump Soal Hak-hak Sipil


Para anggota Dewan Penasihat Yahudi Muslim bertemu dengan pemimpin mayoritas Senat Demokrat Chuck Schumer di Washington (1/2).

Seorang anggota koalisi baru antara Yahudi dan Muslim Amerika yang terpandang mengatakan, pemerintahan Presiden Donald Trump telah menyampaikan komitmen kuat untuk memerangi kejahatan yang didasarkan atas kebencian terhadap minoritas agama, janji yang membuat presiden mendapat pujian langka dari pemimpin kedua kelompok minoritas itu.

Anggota Dewan Penasihat Yahudi Muslim (MJAC) Robert Silverman, seorang Yahudi, mengatakan kepada VOA bahwa kelompoknya mendapat kepastian mengenai komitmen hak-hak sipil itu dari seorang anggota “yang sangat senior” dari pejabat pemerintahan baru Amerika dalam sebuah pertemuan tanggal 1 Februari lalu.

MJAC yang beranggotakan 38 orang itu dibentuk bulan November lalu untuk mengkoordinasikan strategi guna memerangi sikap fanatik anti-Muslim dan anti-Yahudi di Amerika dan untuk melindungi hak-hak agama minoritas lainnya di Amerika. Badan itu terdiri dari 19 Muslim dan 19 komunitas Yahudi, pemimpin agama, pemimpin bisnis dan anggota legislatif Amerika.

Para anggota dewan itu mengadakan pertemuan tertutup dengan pejabat pemerintahan Trump adalah bagian dari hari advokasi mereka di Washington yang pertama kali yang juga mencakup pembicaraan dengan anggota Kongres saat ini dari Partai Republik dan Demokrat.

Prioritas utama dewan itu adalah mengupayakan tindakan federal untuk menghentikan peningkatan kejahatan berdasarkan kebencian di Amerika terhadap Yahudi dan Muslim, tindakan yang dikatakan harus mencakup hukuman federal bagi kejahatan semacam itu. [my/al]

XS
SM
MD
LG