Tautan-tautan Akses

Dewan HAM Eropa Kecam Serangan di Chechnya, Rusia


Komisioner HAM Dewan Eropa Dunja Mijatović, Jumat (7/2) mengutuk serangan terhadap Elena Milashina, dari media independen Novaya Gazeta dan pengacaranya Marina Dubrovina dalam lawatan ke Chechnya, Kamis malam, 6 Februari 2020. (Foto: dok).

Komisioner HAM Eropa, Jumat (7/2) mendesak Moskow untuk menyelidiki serangan dengan kekerasan terhadap seorang wartawan dan seorang pengacara di provinsi Chechnya, Rusia.

Elena Milashina, dari media independen Novaya Gazeta, mengatakan ia dan Marina Dubrovina, pengacara yang mendampinginya dalam lawatan ke Chechnya, didorong dan dipukuli belasan orang di lobi hotel mereka hari Kamis malam (6/2). Milashina telah lama mengungkap pelanggaran HAM di Chechnya.

Kantor Kementerian Dalam Negeri Rusia di Chechnya menyatakan sedang menyelidiki insiden itu.

Kremlin mengandalkan pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov untuk menjaga agar kawasan di Kaukasus Utara itu stabil setelah dua perang separatis yang menghancurkan. Berbagai organisasi HAM internasional telah menuduh pasukan Kadyrov yang ditakuti melakukan pembunuhan di luar proses hukum, penganiayaan dan penculikan para pembangkang.

Komisioner HAM Dewan Eropa Dunja Mijatović, Jumat (7/2) mengutuk serangan terhadap jurnalis dan pengacara itu sebagai “yang terbaru dari serangkaian penyerangan yang mengkhawatirkan terhadap para pembela HAM dan para kritikus” di Chechnya.

Mijatović mencatat bahwa “iklim permusuhan terhadap aktivis masyarakat madani, pembela HAM, pengacara dan jurnalis di Chechnya kerap dipicu oleh pidato yang sifatnya keras dan mengancam oleh para pemimpin politik, termasuk di tingkat tertinggi” dalam jajaran pemimpin regional. [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG