Tautan-tautan Akses

AS

Departemen Kehakiman AS Usul Perubahan pada Kekebalan Platform Internet


Logo Google di Mountain View, California, 1 November 2018.

Presiden Donald Trump, Rabu 23/9), bertemu sembilan jaksa agung negara bagian yang dikuasai Partai Republik untuk membahas nasib kekebalan hukum bagi perusahaan internet.

Pertemuan itu dilakukan setelah Departemen Kehakiman meluncurkan usul legislatif yang bertujuan mereformasi undang-undang yang sama.

Trump bertemu jaksa agung dari Arizona, Arkansas, Louisiana, Mississippi, Missouri, South Carolina, Texas, Utah dan West Virginia.

Menurut dua sumber yang mengetahui masalah itu, pada Rabu (23/9), Departemen Kehakiman melakukan pembicaraan melalui telepon dengan kantor jaksa agung negara bagian untuk meninjau kemungkinan mengajukan gugatan terhadap raksasa pencari dan pengiklan tersebut. Gugatan kemungkin secepat minggu depan.

Departemen tersebut juga sedang menyelidiki Google atas kemungkinan pelanggaran undang-undang antimonopoli. Adalah biasa bagi departemen itu mengupayakan dukungan dari jaksa agung negara bagian ketika mengajukan tuntutan hukum yang besar.

Pengkritik menuduh Google, milik Alphabet Inc., melanggar undang-undang antimonopoli dengan menyalahgunakan dominasinya atas iklan online dan sistem operasinya pada ponsel pintar Android serta mengutamakan bisnis sendiri dalam pencarian. [ka/pp]

XS
SM
MD
LG