Tautan-tautan Akses

Denmark Tangkap 27 Orang yang Diduga Selundupkan Kokain


Polisi bersenjata di Pengadilan Kota Kopenhagen, Denmark, 10 Maret 2016.

Polisi Denmark mengatakan mereka menangkap 27 orang yang diduga menyelundupkan narkoba. Sebelumnya polisi menemukan sekitar 100 kilogram kokain di sebuah kapal kargo Bahama di perairan Denmark.

Polisi Copenhagen, Minggu (16/2), dalam pernyataannya mengatakan bahwa kokain itu disita dalam sebuah penggerebekan terkoordinasi pada Sabtu (15/2) di kapal kargo Duncan Island yang sedang berlayar di sebelah selatan Kota Gedser.

Para tersangka, semuanya warga asing, didakwa melakukan kejahatan narkoba serius berdasarkan UU Denmark dan terancam hukuman penjara hingga 16 tahun. Di antara mereka termasuk awak kapal internasional serta warga negara Rusia, Latvia, Ekuador, Filipina, dan lainnya. Mereka masih ditahan sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

"Kami bersyukur karena kokain yang berat ini tidak sampai ke jalan-jalan. Kini kami menyelidiki lebih lanjut untuk mencari tahu siapa yang menunggu pengiriman ini," kata Inspektur Dannie Rise, kepala unit penyelidikan khusus pada kepolisian Copenhagen.

Menurut TV2 Denmark, kapal itu sedang berlayar dari Helsingborg, Swedia ke St. Petersburg, Rusia ketika disita pihak berwenang. Dikatakannya, kokain itu diyakini bernilai lebih dari 350 juta krona atau sekitar Rp 683 miliar rupiah. [vm/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG