Tautan-tautan Akses

AS

Demonstran di North Carolina Gulingkan Patung Tentara Konfederasi


Patung tentara Konfederasi tergeletak di halaman, setelah digulingkan oleh sekelompok aktivis di Durham, 14 Agustus 2017.

Demonstran di North Carolina merobohkan sebuah patung tentara Konfederasi sebagai aksi protes menentang rasisme.

Para aktivis di kota Durham menggunakan tangga dan tali untuk menjatuhkan patung tentara konfederasi yang dipasang sejak tahun 1924. Puluhan orang yang hadir bersorak ketika patung tentara yang memegang senapan itu jatuh ke tanah di muka bekas gedung pengadilan yang kini menjadi kantor pemerintah lokal.

Segera setelah patung itu terguling, masa yang marah menendang dan menginjak-injak patung perunggu itu.

“Saya agak terkejut melihat orang datang kemari dan bersama-sama meruntuhkan patung itu,” kata Isaiah Wallace, seorang warga kulit hitam.

Wallace mengatakan ia menyaksikan patung itu digulingkan dan berharap simbol-simbol gerakan konfederasi yang memecah Amerika itu, yang terdapat di tempat-tempat lain juga akan diruntuhkan.

Aksi protes di Durham itu adalah reaksi atas demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok supremasi kulit putih di Charlottesville, negara bagian Virginia akhir minggu lalu, yang menewaskan seorang perempuan dan mencederai belasan lainnya ketika sebuah mobil yang dikendarai seorang demonstran kulit putih ditabrakkan ke arah keumuman para demonstran tandingan. [ii]

XS
SM
MD
LG