Tautan-tautan Akses

Demonstran Mulai Berkumpul Lagi untuk Lancarkan Protes di Perancis


Seorang demonstran mengibarkan bendera Perancis di dekat barikade yang dibakar di jalan Champs-Elysees dengan latar belakang, Arc de Triomphe saat berlangsungnya unjuk rasa menentang kenaikan pajak bahan bakar, di Paris, Perancis, 24 November 2018. (Foto: dok).

Ribuan demonstran akan kembali turun ke jalan-jalan di berbagai penjuru Perancis akhir pekan ini sebagai protes terhadap kebijakan-kebijakan Presiden Perancis Emmanuel Macron. Sementara itu, kelompok penentang gerakan rompi kuning juga berencana turun ke jalan untuk mengecam kekerasan.

Lebih dari dua bulan setelah memulai gerakan mereka menentang kenaikan pajak bahan bakar, para demonstran rompi kuning masih bergerak dan telah menyerukan dilancarkannya protes akhir pekan, yang akan memasuki pekan ke-11 berturut-turut.

Sekitar 84 ribu orang berdemonstrasi akhir pekan lalu, kurang lebih sama jumlahnya dengan peserta protes sepekan sebelumnya. Dan meskipun ada sedikit kenaikan dalam tingkat persetujuan terhadap kinerja Macron dalam jajak pendapat terbaru, para demonstran diperkirakan akan datang dalam jumlah besar pada hari Sabtu ini.

Hari berikutnya, sebuah demonstrasi akan diselenggarakan di Paris oleh “Skarf Merah,” satu kelompok yang dibentuk di Facebook, yang mengecam kekerasan jalanan yang menyertai sejumlah demonstrasi kelompok rompi kuning. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG