Tautan-tautan Akses

Demonstran Menentang Patung Baru Assad di Suriah


Anggota Tentara Pembebasan Suriah melambaikan tangan seraya menginjak pahatan mendiang mantan presiden Suriah, Hafez al-Assad, ayah dari Presiden Suriah Bashar al-Assad, di basis militer Brigade 52 di Daraa, Suriah, 9 Juni 2015 (foto: Reuters/Alaa Al-Faqir)

Sekelompok warga Suriah berdemonstrasi di kota Daraa hari Minggu menentang pendirian patung baru mendiang diktator Hafez al-Assad, delapan tahun setelah patung sebelumnya diturunkan dan dihancurkan.

Hafez al-Assad adalah ayah dari diktator saat ini Bashar al-Assad.

Daraa adalah tempat dimulainya pemberontakan menentang kekuasaan keluarga Assad tahun 2011, memicu perang saudara yang tampaknya berada pada tahap akhir.

Banyak demonstran hari Minggu meneriakkan "Hidup Suriah, turunkan Bashar al-Assad" saat berdemonstrasi dengan berjalan dan naik sepeda motor.

Sebagian demonstran mengancam merobohkan patung baru itu, dan mengeluh, rezim itu membangun patung-patung peringatan di Daraa, bukannya membangun kembali kota itu.

Pemberontak menyerahkan kota itu kepada pasukan keamanan Suriah tahun lalu, tetapi penduduk mengatakan masih banyak layanan kota itu yang kurang.

Hafez al-Assad memerintah Suriah dengan tangan besi selama 30 tahun sebelum kematiannya tahun 2000. Putranya melanjutkan pemerintahan dengan kekuasaan otokratis. [ka]

XS
SM
MD
LG