Tautan-tautan Akses

Demonstran Kepung Surat Kabar Pakistan untuk Kedua Kalinya Pekan Ini


Aksi unjuk rasa di depan kantor surat kabar 'Dawn' di Islamabad, Pakistan, 6 Desember 2019.
Aksi unjuk rasa di depan kantor surat kabar 'Dawn' di Islamabad, Pakistan, 6 Desember 2019.

Puluhan demonstran sempat mengepung kantor sebuah surat kabar independen terkemuka di Islamabad, seraya menyerukan slogan-slogan menentang para editor dan staf koran itu, serta membakar koran-koran itu sebelum melarikan diri.

Protes hari Jumat ini (6/12) merupakan insiden kedua pekan ini di kantor surat kabar berbahasa Inggris, Dawn. Insiden ini terjadi sehari setelah para wartawan dan aktivis HAM berkampanye mendukung surat kabar tersebut dan mengritik protes-protes anti surat kabar itu sebelumnya.

Para demonstran hari Selasa (3/12) juga mengepung kantor surat kabar tersebut, menuntut agar editor Zaffar Abbas dan penerbit Hameed Haroon digantung karena melaporkan bahwa penyerang di Jembatan London adalah seorang “keturunan Pakistan.”

Abbas melalui Twitter mencuit kecaman terhadap apa yang ia sebut demonstrasi yang diatur menentang surat kabar itu. Ia mengatakan polisi diberitahu dan ia meminta perlindungan bagi staf dan gedung kantornya.

Belum jelas benar siapa yang berada di belakang protes-protes tersebut dan pihak berwenang tidak menangkap siapapun terkait dengan meningkatnya ancaman terhadap surat kabar itu. Dawn memiliki riwayat hubungan yang buruk dengan militer yang berpengaruh di negara itu. [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG