Tautan-tautan Akses

Demo Desak Presiden Rusia agar Tidak Calonkan Diri Lagi


Polisi Rusia menangkap seorang partisipan unjuk rasa tanpa ijin di St. Petersburg, Rusia, 29 April 2017. (AP Photo/Dmitri Lovetsky).

Dengan slogan “Saya sudah muak,” para demonstran mendesak Vladimir Putin agar tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan ke-4, yang diserukan di kota-kota seluruh Rusia, Sabtu (29/4). Puluhan orang ditangkap di St. Petersburg dan kota lain.

Demonstrasi di Moskow berjalan damai, walaupun tidak mendapat izin dari pihak berwenang. Ratusan orang berdemonstrasi di sebuah taman kemudian pindah ke gedung pemerintahan presiden di dekatnya untuk menyerahkan surat-surat yang menganjurkan agar Putin tidak mencalonkan diri tahun 2018.

Tetapi, di St. Petersburg, para wartawan Associated Press melihat puluhan orang ditangkap. Kelompok OVS-Info yang memantau penindasan politik menyampaikan laporan-laporan mengenai panangkapan lagi di beberapa kota, termasuk 20 orang di Tula dan 14 di Kemerovo.

Putin belum mengumumkan apakah ia berencana mencalonkan diri untuk presiden lagi tahun depan.

Ia telah mendominasi politik Rusia sejak menjadi presiden Malam Tahun Baru tahun 1999 ketika Boris Yeltsin meletakkan jabatan. Biapun ketika ia melepaskan jabatan presiden untuk menjadi perdana menteri tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 karena batas masa-jabatan, ia tetap sebagai pemimpin Rusia yang kuat. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG