Tautan-tautan Akses

Delegasi Tingkat Tinggi Korea Utara Dilaporkan Berada di Ibukota China


Sebuah limusin tanpa plat nomor dan berlambang warna emas di sisinya, tiba di stasiun kereta api di Beijing dengan pengamanan ketat , 27 Maret 2018.

Delegasi tingkat tinggi Korea Utara dilaporkan berada di Beijing, memicu spekulasi bahwa pemimpin negara komunis itu, Kim Jong-un, mengunjungi ibukota China.

Bloomberg News, dalam laporannya Senin (26/3), mengutip tiga sumber tanpa nama yang mengatakan Kim berada di China dalam kunjungan mendadak. Media Korea Selatan mengatakan saudara perempuan Kim, dan bukan pemimpin Korea Utara itu, memimpin delegasi tersebut.

Tidak ada pernyataan resmi mengenai laporan itu, yang tidak diliput oleh media pemerintah China maupun Korea Utara. Jika Kim berada di China, maka itu merupakan perjalanan luar negerinya yang pertama sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011.

Jika benar, maka kunjungan ke China ini juga akan menandai perkembangan diplomatik yang signifikan menjelang kemungkinan pertemuan antara Kim dan Presiden Amerika Donald Trump.

Rekaman dari TV Jepang menunjukkan kereta hijau gaya lama di stasiun kereta Beijing mirip dengan yang digunakan oleh ayah Kim, Kim Jong Il.

Para wartawan di Beijing juga melaporkan telah melihat upacara dengan penghormatan militer menyambut iring-iringan kendaraan yang tiba di Wisma Negara Diaoyutai di mana para pejabat tinggi Korea Utara telah tinggal dalam kunjungan ke China.

Ada juga berbagai laporan tentang pengamanan ketat di sepanjang jalan utama timur-barat Changan Avenue di Beijing. Polisi juga membersihkan semua turis dari Lapangan Tiananmen, yang biasanya hanya terjadi ketika para pemimpin China bertemu dengan tamu kepala negara tamu berkunjung di Balai Besar Rakyat. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG