Tautan-tautan Akses

Kim Jong Un Dilaporkan Kunjungi China


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dilaporkan tengah berada di China (foto: ilustrasi).
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dilaporkan tengah berada di China (foto: ilustrasi).

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dilaporkan berada di China dalam rangka melakukan kunjungan yang mendadak, Bloomberg News melaporkan Senin, mengutip tiga sumber yang tidak disebutkan namanya.

Tidak ada pernyataan resmi mengenai laporan itu, yang tidak diliput oleh media China atau Korea Utara.

Jika Kim ada di China, itu akan menjadi perjalanan luar negerinya yang pertama sejak ia mengambil alih kekuasaan tahun 2011.

Itu juga akan menandai perkembangan diplomatik yang signifikan menjelang pertemuan antara Presiden Kim dan Donald Trump.

Rekaman dari TV Jepang menunjukkan kereta hijau di stasiun kereta Beijing mirip dengan yang digunakan oleh ayah Kim, Kim Jong Il.

Wartawan di Beijing juga melaporkan melihat seorang penjaga kehormatan militer menyambut iring-iringan kendaraan yang tiba di Wisma Negara Diaoyutai, tempat para pejabat tinggi Korea Utara tinggal selama kunjungan mereka di China.

Ada pula laporan tentang pengamanan ketat di sepanjang jalan utama dari timur sampai barat Beijing, Changan Avenue. Polisi juga mengalihkan semua wisatawan dari Lapangan Tiananmen, yang biasanya hanya terjadi ketika para pemimpin China bertemu dengan kepala negara tamu yang berkunjung di Balai Besar Rakyat. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG