Tautan-tautan Akses

Delegasi Korea Utara Tiba di Beijing untuk Pembicaraan


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping di Dalian, China timur-laut, 8 Mei lalu.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping di Dalian, China timur-laut, 8 Mei lalu.

Delegasi dari Korea Utara telah tiba di Beijing hari Senin (14/5) untuk melakukan pembicaraan, demikian menurut media berita di Jepang dan Korea Selatan.

Delegasi Korea Utara tersebut pergi ke wisma tamu negara Diaoyutai setelah mereka tiba.

Kunjungan itu dilakukan seminggu setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping di kota pelabuhan Dalian, China timur-laut, pertemuan kedua mereka sejak bulan Maret. Kunjungan delegasi itu juga dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo berkunjung ke Pyongyang.

Kedatangan delegasi Korea Utara itu adalah yang terbaru dalam kegiatan diplomatic dalam beberapa pekan ini, yang terdorong oleh masa kerukunan mendadak antara Korea Utara dan Selatan, yang memuncak dengan pertemuan puncak bersejarah antara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Kedua pemimpin berjanji akan melakukan usaha menuju pembebasan Semenanjung Korea dari nuklir dan akhirnya akan mencapai persetujuan perdamaian.

Kim dan Presiden Amerika Donald Trump akan mengadakan pertemuan puncak yang belum pernah terjadi sebelumnya tanggal 12 Juni di Singapura. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG