Tautan-tautan Akses

AS: Korut Lenyapkan Nuklirnya, AS akan Beri Jaminan Keamanan


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersalaman dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada foto yang dirilis oleh kantor berita Korea Utara (KCNA) pada 9 Mei 2018.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersalaman dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada foto yang dirilis oleh kantor berita Korea Utara (KCNA) pada 9 Mei 2018.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan hari Minggu (13/5) bahwa jika Korea Utara setuju melenyapkan seluruh nuklirnya, Amerika Serikat bersedia "memberi jaminan keamanan" bagi pemerintah Pyongyang dan mengizinkan investasi perusahaan swasta Amerika untuk membantu pembangunan jaringan transmisi listrik yang sangat tidak memadai di negara itu.

"Kita jelas akan memberi jaminan keamanan," kata diplomat tertinggi Amerika itu kepada FoxNews. "Ini adalah pertukaran yang sudah tertunda selama 25 tahun."

Ia mengatakan bahwa sebelum presiden Donald Trump, "tidak ada presiden Amerika yang sudah pernah menempatkan Amerika dalam kedudukan dimana pemimpin Korea Utara menganggap bahwaini benar-benar mungkin; bahwa Amerika benar-benar akan melakukan ini, yang mengarah ke keadaan dimana Amerika tidak lagi menghadapi ancaman rezim Korea Utara. "Itulah tujuan kita."

Setelah bertemu dua kali dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang, Pompeo mengatakan ia yakin bahwa Kim "mempunyai persamaan tujuan dengan rakyat Amerika."

Pompeo mengatakan sasaran pertemuan puncak 12 Juni antara Kim dan Trump di Singapura adalah untuk menetapkan tanda-tanda dimana tahap denuklirisasi dan jaminan keamanan dapat dirundingkan dan dirampungkan.

Ia mengatakan kalau itu tercapai, Amerika akan mengizinkan sektor swasta Amerika membantu pembangunan jaringan transmisi listrik di Korea Utara yang membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar. [gp]

XS
SM
MD
LG