Tautan-tautan Akses

Delegasi Afghanistan Bertemu Mantan Pemimpin Taliban di Pakistan


Mantan pemimpin Taliban Pakistan, Mullah Abdul Ghani Baradar (tengah) bertemu Delegasi Perdamaian Afghanistan (foto: dok).
Mantan pemimpin Taliban Pakistan, Mullah Abdul Ghani Baradar (tengah) bertemu Delegasi Perdamaian Afghanistan (foto: dok).

Delegasi Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan yang dipimpin Salahuddin Rabbani telah bertemu Mullah Abdul Ghani Baradar di Pakistan.

Anggota delegasi Afghanistan yang ditugasi mengadakan pembicaraan perdamaian dengan Taliban telah bertemu dengan mantan wakil pemimpin kelompok itu di Pakistan dalam upaya menggerakkan negosiasi yang tersendat-sendat.

Para pejabat di kedua negara telah mengkonfirmasi kontak antara Mullah Abdul Ghani Baradar dan delegasi dari Dewan Perdamaian Tinggi Afghanistan yang dipimpin oleh Salahuddin Rabbani, tetapi tidak memberikan rincian lainnya.

Baradar tadinya menghabiskan tiga tahun lebih dalam tahanan di Pakistan sebelum pemerintah membebaskannya bulan September, sebuah langkah yang menciptakan harapan di kalangan banyak pejabat Afghanistan dan Pakistan bahwa dia bisa ikut menempa kesepakatan damai antara pemberontak dan pemerintah Afghanistan.

Hari Kamis, delegasi Afghanistan juga bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif.

Recommended

XS
SM
MD
LG