Tautan-tautan Akses

Dalam Satu Pekan, Dua Turis Tewas di Grand Canyon


Para wisatwan berjalan di jembatan Skywalk di Grand Canyon, di kawasan Konservasi Indian Hualapai di Grand Canyon Barat, 20 Maret 2007. (Foto: AP/dok)
Para wisatwan berjalan di jembatan Skywalk di Grand Canyon, di kawasan Konservasi Indian Hualapai di Grand Canyon Barat, 20 Maret 2007. (Foto: AP/dok)

Dua orang tewas di Grand Canyon dalam insiden terpisah pekan ini, termasuk seorang pria yang diduga tersandung di tepi jurang saat mencoba untuk mengambil gambar, kantor berita Associated Press melaporkan.

Jenazah seorang turis asal Hong Kong berhasil dievakuasi dengan menggunakan helikopter dari kedalaman 305 meter di bawah pinggiran Grand Canyon West pada Kamis (28/3) sore, kata David Leibowitz, juru bicara kawasan wisata terkenal tersebut. Grand Canyon West adalah sebuah tujuan wisata populer di kawasan reservasi Hualapai yang terletak di luar taman nasional. Identitas pria itu sendiri belum dirilis.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis pagi saat pengunjung di Eagle Point tidak terlalu banyak. Eagle Point merupakan situs terpencil yang terkenal dengan Skywalk, jembatan kaca berbentuk tapal kuda yang menjorok keluar dari dinding ngarai. Pinggiran jurang itu memiliki beberapa tepian dan area menonjol di bawahnya, namun tidak ada penghalang antara wisatawan dan ujungnya.

Pria berusia 50-an itu tersandung dan jatuh ketika mengambil foto, kata Leibowitz. Terdapat tanda-tanda peringatan di Eagle Point yang menyarankan wisatawan untuk tidak terlalu dekat ke bagian tepi.

Area itu ditutup saat hari itu, kata Leibowitz. Ia pun menyampaikan doa dari suku di daerah itu kepada keluarga dari pria yang menjadi korban peristiwa nahas tersebut.

Reservasi Hualapai mencakup sekitar 161 kilometer bentangan Grand Canyon di tepi barat.

Sementara itu, pihak berwenang di Taman Nasional Grand Canyon – sekitar 153 kilometer di timur – sedang berusaha untuk mengidentifikasi jasad seseorang yang diyakini sebagai warga negara asing. Mayatnya ditemukan Selasa (26/3) malam di daerah hutan yang terletak di selatan Grand Canyon Village yang jauh dari tepi sungai.

Pihak kerabat dari korban itu belum diberitahu, dan penyebab kematiannya juga belum jelas, kata juru bicara taman nasional, Vanessa Ceja-Cervantes. Layanan Taman Nasional dan kantor para medis lokal sedang menyelidikinya.

Taman Nasional Grand Canyon adalah salah satu tujuan wisata paling populer di AS, menarik hampir 6,4 juta pengunjung di tahun lalu. Grand Canyon West di reservasi Hualapai mendapat setidaknya satu juta pengunjung setiap tahun. [er/ft]

XS
SM
MD
LG