Tautan-tautan Akses

Dalam Miniseri Chernobyl, CIA Disalahkan dalam Bencana Tahun 1986


Para panelis berdialog tentang mini seri Chernobyl yang ditayangkan saluran HBO, di Pasadena, California, 8 Februari 2019. (Foto: dok).

Sebuah jaringan televisi Rusia yang pro-Kremlin berencana menayangkan miniseri mengenai Chernobyl, yang menunjukkan seorang penyabot, anggota CIA, berada di balik bencana nuklir era Soviet di Ukraina. Kecelakaan nuklir tahun 1986 itu menyebabkan hingga satu juta orang terpapar radiasi.

Kremlin berang oleh miniseri lima bagian HBO mengenai Chernobyl itu yang mendapat banyak pujian. Dalam miniseri tersebut digambarkan keberanian dan pengorbanan mereka yang berjuang mengatasi kebakaran dan mengurangi dampak krisis reaktor, tetapi juga merinci salah urus pada era Soviet itu, respons yang tertunda dan bantahan para pejabat Soviet selama bertahun-tahun mengenai kesalahan desain reaktor.

Para pejabat ketika itu berusaha menyatakan ledakan maut di sana terjadi semata-mata akibat buruknya pelaksanaan tes oleh beberapa manajer fasilitas tersebut yang tidak kompeten.

Para kritikus dan pemirsa menempatkan acara tersebut pada daftar teratas serial televisi berperingkat tertinggi IMDB, bahkan mengungguli Game of Thrones, dan miniseri itu telah mendapat pujian dari para sejarawan karena otentisitasnya. Tetapi partisan Kremlin, para komentator dan surat kabar propemerintah mengecam miniseri HBO itu, menyatakannya mencemari citra Rusia sebagai kekuatan nuklir yang hebat. [uh]

XS
SM
MD
LG