Tautan-tautan Akses

Cyber Monday Tahun Ini akan Jadi Hari Belanja Online Terbesar dalam Sejarah AS


Cyber Monday tahun ini diperkirakan akan menjadi hari belanja online terbesar dalam sejarah di AS, dengan pembelanjaan antara 10.8 hingga 12.7 miliar dolar. (Foto: ilustrasi).

Cyber Monday, hari Senin (30/11) untuk belanja online di Amerika pasca Hari Bersyukur (Thanksgiving Day), diperkirakan akan meraup angka penjualan sebesar 12.7 miliar dolar atau 180 triliun rupiah, menurut perkiraan industri. Angka itu melampaui penjualan pada tiga hari sebelumnya, yang dijuluki "Black Friday" menjelang libur akhir tahun.

Para peritel memberi berbagai tawaran belanja selama hampir dua bulan sejak Amazon.com mengadakan Prime Day pada Oktober. Para peritel berusaha kompetitif dan menebus kerugian akibat penutupan mal-mal dan toko-toko akibat pandemi virus corona.

Perkiraan terbaru dari Adobe Analytics memperlihatkan "Cyber Monday" tahun ini akan menjadi hari belanja online terbesar dalam sejarah, dengan pembelanjaan antara 10.8 hingga 12.7 miliar dolar atau 153 hingga 180 triliun rupiah.

Pengunjung toko Macy's di Herald Square, New York, saat pembukaan awal penjualan Black Friday di Manhattan, New York, 27 November 2020.
Pengunjung toko Macy's di Herald Square, New York, saat pembukaan awal penjualan Black Friday di Manhattan, New York, 27 November 2020.

Meskipun banyak diskon telah dimulai lebih awal dan lebih banyak musim belanja tahun ini, survey Adobe menunjukkan bahwa 56 persen konsumen masih yakin bahwa para peritel menyimpan diskon terbaik untuk "Cyber Monday".

Ajang belanja "Black Friday" yang diadakan sehari setelah Hari Libur Thanksgiving, mengumpulkan rekor penjualan online sekitar 9 miliar dolar atau 127 triliun rupiah, menurut Adobe. Konsumen yang berbelanja langsung di toko tidak sebanyak sebelumnya, karena mereka memanfaatkan diskon lebih awal dan menghindari kerumunan. [vm/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG