Tautan-tautan Akses

AS

Cuaca Buruk Ancam AS Bagian Tengah


Jejak kerusakan akibat tornado di tempat wisata American Budget Value Inn dan Skyview Mobile Park Estates tampak dalam foto yang diambil dari udara di El Reno, Oklahoma, 24 Mei 2019.

Peramal cuaca, Selasa (28/5), memperingatkan risiko badai besar di bagian tengah Amerika Serikat, termasuk kemungkinan tornado di daerah yang sudah diserang sebelumnya pada Senin (27/5) malam.

Badan Cuaca Nasional mengatakan sebanyak 53 tornado telah terjadi tadi malam, menewaskan satu orang dan mencederai 90 orang lainnya.

Laporan badai yang diunggah online oleh Pusat Perkiraan Badai dari Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional mengatakan 14 tornado menyerang Indiana, 11 di Colorado, dan sembilan di Ohio. Enam dilaporkan di Iowa, lima di Nebraska, empat di Illinois, dan tiga di Minnesota, sementara satu lagi terjadi di Idaho.

Badai ini menyebabkan atap rumah terkoyak, pohon-pohon dan tiang listrik tumbang. Banyaknya puing-puing juga menyebabkan petugas kebersihan harus menggunakan mesin-mesin untuk membersihkan jalan raya di Ohio.

Amerika Serikat bagian tengah menghadapi badai hujan lebat dan tornado sejak minggu lalu, dan beberapa orang tewas di Missouri, Oklahoma, Iowa dan Indiana.

Sementara cuaca badai ini mendera Amerika Serikat bagian tengah, beberapa kota di Selatan menyaksikan suhu panas yang memecahkan rekor.

Akhir minggu lalu,suhu di Augusta, Georgia, mencapai 37 derajat celcius dan memecahkan rekor suhu tertinggi dalam 141 tahun. Savannah, Georgia, Charleston, South Carolina, dan Wilmington, North Carolina juga memecahkan rekor dengan suhu mencapai 38 derajat celcius.

Ahli meteorologi meramalkan suhu panas yang memecahkan rekor ini akan berlanjut. [jm]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG