Tautan-tautan Akses

AS

Colonial Pipeline Setop Sementara Pengiriman BBM Akibat Badai Ida


Sebuah pompa bensin di dekat pusat kota Charlotte, North Carolina, 11 Mei 2021. Colonial Pipeline Co, operator jaringan pipa terbesar yang mendistribusikan produk-produk BBM di AS akan menghentikan sementara pengiriman dari Houston. (Foto: AP)

Colonial Pipeline Co, operator jaringan pipa terbesar yang mendistribusikan produk-produk BBM di AS, pada Minggu (29/8) mengatakan akan menghentikan sementara pengiriman dari Houston ke Greensboro, North Carolina, karena badai Ida.

Operator jaringan pipa itu mendistribusikan hampir separuh BBM yang digunakan di sepanjang Pantai Timur AS. Mereka mengatakan pasokan akan tetap tersedia di berbagai terminalnya di seluruh bagian tenggara. Mereka akan memulai lagi operasional sepenuhnya apabila kondisi aman, katanya dalam sebuah pesan kepada para pihak yang melakukan pengiriman.

Colonial pernah mengalami serangan siber awal tahun ini yang mengganggu pasokan BBM selama hampir seminggu. Ribuan orang di banyak pom bensin kehabisan BBM. Beberapa maskapai terpaksa mengalihkan rutenya agar bisa mendapatkan avtur.

Badai Ida mengakibatkan para operator minyak di Teluk Meksiko AS untuk menutup 95% produksi minyak mintah pada Minggu (29/8). Sementara kilang-kilang yang memproduksi bensin dan avtur di sepanjang Pantai Teluk, menutup pabrik-pabrik atau mengurangi produksi akibat badai itu.

Phillips 66 menutup pabrik Alliance miliknya di Belle Chasse. Valero Energy menyetop sementara operasi di kilang di Meraux dan St. Charles. Dan Exxon Mobil Corp mengurangi produksinya di kilang di Baton Rouge menjelang kedatangan badai itu. Seluruh fasilitas itu ada di Louisiana. [vm/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG