Tautan-tautan Akses

Clinton: Presiden Karzai Mitra yang Dapat Diandalkan


Ini menjadi respon atas munculnya ketegangan akibat pernyataan Karzai yang kontroversial tentang negara-negara asing.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyebut Presiden Afghanistan Hamid Karzai sebagai mitra yang dapat diandalkan, meskipun baru-baru ini muncul ketegangan akibat pernyataan Karzai yang kontroversial tentang negara-negara asing.

Clinton dan Menteri Pertahanan Robert Gates membela Karzai dalam wawancara televisi CBS hari Minggu, dan memastikan bahwa Karzai akan bertemu dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih tanggal 12 Mei.

Pejabat Gedung Putih pekan lalu mengisyaratkan akan menunda lawatan itu apabila Karzai mempertahankan komentarnya yang dianggap aneh oleh masyarakat internasional.

Karzai menuduh sejumlah negara asing mengatur kecurangan yang mencemari pemilihan presiden tahun lalu. Ia bahkan mengancam akan bergabung dengan Taliban apabila tekanan asing terus berlanjut.

Kata Menteri Pertahanan Gates hari Minggu, Amerika perlu bersikap sensitif dalam mengeluarkan komentar tentang Karzai karena rakyat Afghanistan akan menganggap kritik-kritik tajam seperti itu sebagai sikap tidak menghormati kedaulatan Afghanistan.

XS
SM
MD
LG