Tautan-tautan Akses

Clinton Peringatkan Bahaya Penindasan Sipil


Menlu Clinton menandai perayaan 10 tahun berdirinya Komunitas Demokrasi dalam sebuah konferensi internasional di Krakow, Polandia.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton memperingatkan kepada pemerintah di seluruh dunia, apa yang akan terjadi bila pemerintah tidak toleran terhadap kelompok-kelompok pendukung demokrasi dan kebebasan sipil.

Hillary Clinton berbicara dalam sebuah konferensi internasional di Krakow, Polandia, menandai perayaan 10 tahun berdirinya Komunitas Demokrasi, sebuah organisasi antarpemerintah dengan 17 anggota yang bertujuan mempromosikan reformasi demokrasi.

Menlu Amerika berbicara mengenai peringatan dari mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill 60 tahun lalu tentang Tirai Besi yang ada di Eropa. Ia mengatakan Tirai Besi jatuh dengan runtuhnya Uni Soviet. Tapi, Clinton juga mengatakan dunia harus berhati-hati dengan apa yang ia sebut, "alat penekan baja," di mana beberapa pemerintah secara perlahan-lahan menghancurkan masyarakat sipil dan hati nurani rakyatnya.

Hillary Clinton mengumumkan pembentukan dana untuk memberikan bantuan hukum dan lainnya bagi LSM yang mendorong terbentuknya demokrasi di seluruh dunia dan Amerika menyumbang sebesar dua juta dolar untuk dana itu.

Presiden Barack Obama juga mengeluarkan pernyataan untuk menandai peringatan ini. Ia menyatakan keprihatinanna atas menyebarnya pembatasan dalam masyarakat sipil dan meningkatnya penggunaan hukum "untuk mengekang, dan bukannya meningkatkan" kebebasan.

XS
SM
MD
LG