Tautan-tautan Akses

AS, Polandia Tandatangani Persetujuan Pertahanan Misil


Menlu Hillary Clinton dan Menlu Polandia Radoslaw Sikorski menghadiri penandatanganan persetujuan di Krakow, Polandia Sabtu.

Amerika dan Polandia telah menandatangani persetujuan pertahanan penting yang membangun pangkalan misil di negara Uni Eropa itu.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan Menteri Luar Negeri Polandia Radoslaw Sikorski menghadiri penanda-tanganan persetujuan pertahanan misil bilateral itu Sabtu, di Krakow, Polandia.

Pangkalan misil itu merupakan bagian dari rencana yang telah diperbarui mengenai sistem pertahanan Amerika di Eropa, yang juga meliputi sistem radar di Republik Ceko.

Clinton mengatakan, program yang telah diperbarui itu akan mulai beroperasi beberapa tahun lebih awal dari rencana yang diprakarsai oleh pemerintah Amerika sebelumnya. Dia juga mengatakan, tidak seperti persetujuan pendahulunya, persetujuan yang baru itu didukung sepenuhnya oleh sekutu-sekutu NATO.

Rusia tetap berkeberatan atas persetujuan bilateral itu, dengan mengatakan persetujuan pertahanan misil itu merongrong penangkal strategis Moskow. Tetapi Clinton menekankan, sistem itu sepenuhnya bersifat pertahanan dan tidak ditujukan terhadap Rusia.

Hari Sabtu, di Polandia Clinton dijadwalkan memberikan pidato mengenai usaha mempromosikan demokrasi pada sebuah konferensi internasional. Ia juga akan mengambil bagian dalam sebuah acara untuk menghormati para pemimpin Polandia, termasuk Presiden Lech Kaczynski, yang tewas bulan April dalam kecelakaan pesawat udara di Rusia.

Polandia adalah persinggahan kedua dalam kunjungan Clinton ke lima negara di Eropa timur dan Kaukasus. Menteri Clinton tiba dari Kiev, Ukraina, dan akan mengunjungi Azerbaijan, Armenia dan Georgia pekan depan.

XS
SM
MD
LG