Tautan-tautan Akses

China: Warga Kanada Yang Ditahan Tidak Punya Kekebalan Diplomasi


Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying dalam konferensi pers di Beijing, China. (Foto: dok)

China, Senin (14/1) mencemooh klaim Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bahwa seorang mantan pejabat kedutaan Kanada yang ditahan di Beijing masih memiliki kekebalan diplomatik.

Pihak berwenang China menangkap mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor bulan lalu, dan menuduh mereka berdua membahayakan keamanan nasional China.

Tindakan China itu secara luas dipandang sebagai aksi pembalasan terhadap penangkapan seorang eksekutif top China dari perusahaan raksasa telekomunikasi Huawei oleh Kanada – atas permintaan ekstradisi Amerika.

Trudeau hari Jumat menuduh China “secara sewenang-wenang dan tidak adil” menahan kedua orang itu dan mengabaikan “kekebalan diplomatik” Kovrig. Pernyataan Trudeau itu mendapat celaan keras dari Beijing.

“Tuduhan bahwa pihak China secara sewenang-wenang menahan warga Kanada tidak berdasar,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying dalam jumpa pers reguler hari Senin.

Orang yang membawa paspor diplomatik dilindungi oleh kekebalan terbatas ketika mereka berada di luar negeri di bawah syarat-syarat Konvensi Wina. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG