Tautan-tautan Akses

China Pangkas Pajak Impor untuk Makanan, Obat dan Pakaian


Seorang pedagang sedang menyusun stok bahan makanan impor di sebuah mall di Beijing, China, 17 Maret 2017.

China akan memangkas pajak impor untuk barang-barang konsumsi, mulai dari daging dan whisky, hingga deodoran dan kain-kain kasmir, untuk menurunkan biaya dan mendorong konsumsi domestik.

Pemotongan pajak impor besar-besaran itu akan berlaku untuk 187 produk impor. Tingginya pajak impor telah mengerek harga jual barang-barang bermerek dari luar negeri dan mendorong konsumen untuk lebih banyak berbelanja di luar negeri.

Setelah pemotongan, pajak untuk produk-produk konsumen akan berkisar 7.7 persen, turun dari 17.3 persen saat ini, kata Kementerian Keuangan dalam pernyataan yang diunggah di situs web.Produk-produk konsumen antara lain, makanan, suplemen kesehatan, obat-obatan, garmen dan barang-barang untuk rekreasi.

“Konsumsi masyarakan terus meningkat,” kata Kementerian Keuangan. “(Pemotongan pajak) akan menguntungkan pilihan-pilihan yang tersedia untuk para konsumen domestik dan membantu menaikkan sistem pasokan domestik.”

Beberapa tahun terakhir, China telah memotong tarif pajak impor, termasuk kosmetik dan pakaian, untuk mendorong belanja dalam negeri karena Beijing menginginkan perubahan jangka panjang menjadi ekonomi yang didorong oleh konsumsi. [fw/au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG