Tautan-tautan Akses

China Minta AS Setop Politisasi dan Persenjatai Isu Ekonomi


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian

China hari Senin (28/11) mendesak Amerika untuk “berhenti mempolitisasi dan mempersenjatai” isu-isu ekonomi setelah badan pemantau telekomunikasi Amerika mengumumkan larangan penjualan peralatan komunikasi yang dibuat perusahaan China, Huawei dan ZTE, dengan alasan “risiko yang tidak dapat diterima” untuk keamanan nasional.

Komisi Komunikasi Federal (Federal Communications Commission) FCC yang beranggotakan lima orang Jumat lalu (25/11) mengatakan pihaknya telah memutuskan dengan suara bulat untuk mengadopsi aturan baru yang akan memblokir impor atau penjualan produk-produk teknologi tertentu yang berpotensi menimbulkan risiko keamanan terhadap infrastruktur penting Amerika.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, dalam jumpa pers harian, menolak langkah itu dengan mengatakan Amerika harus “memperbaiki pendekatannya yang salah” dan “membangun lingkungan bisnis yang adil, setara, dan non-diskriminatif bagi semua perusahaan, termasuk bisnis China.”

“China akan terus membela hak dan kepentingan sah perusahaan-perusahan China secara tegas,” tambahnya tanpa memberi rincian lebih jauh.

Ini merupakan eskalasi terbaru dari pembatasan yang diberlakukan Amerika terhadap teknologi China selama bertahun-tahun, yang diawali dari Presdien Donald Trump dan berlanjut di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden. [em/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG